5/29/2012

Kecewa Dengan Percetakan Petraya Semarang

Ketika searching percetakan semarang lewat gugle, saya menemukan web percetakan petraya semarang, melihat webnya saya tertarik untuk mencoba membuat sebuah produk yang ditawarkan oleh petraya yaitu 2 buah X Banner ukuran 60cm x 160cm.

Kecewa percetakan petraya
X Banner
Setelah deal harga yaitu sebesar 100 Rb/ banner akhirnya saya menyerahkan 2 file jpg saya untuk diproses, di dalam benak saya, harga segitu agak mahal, namun mengingat percetakan ini mempunyai klien yang cukup besar membuat saya tidak memusingkan harga tersebut.

Oleh CS nya banner saya akan jadi setelah 1 hari. Oke seh,,, lagian banner saya tidak keburu-buru dipake.
Tiba saatnya saya mengambil banner. Saya kecewa karena banner saya di tekuk/dilipat dengan tidak rapi yang mengakibatkan gambarnya menjadi rusak karena tinta yang menempel di lapisan lain, penempatan banner saya pun di campur dengan produk milik costumer lain sehingga CS nya harus mengaduk-aduk beberapa banner untuk mencari banner saya. "Duh kok keliatan gak profesional sih" pikirku. ya tapi mo gimana lagi nasi udah jadi bubur... udah terlanjur.

1 Minggu berikutnya saya mencoba mencetak X banner lagi di tempat lain,  dengan ukuran 60cm x 160cm. Kali ini saya mencoba di percetakan di deket rumah yaitu di daerah Kendal, Percetakan Cemerlang, tepatnya di alun-alun. Disana harganya cuma 85rb, yang membuat saya senang adalah pelayanannya yang cepat, karena begitu masuk ruangan, kita langsung di ajak oleh salah satu karyawan menghadap komputer bersama, jadi ketika kita ingin cetak, kita tahu dan boleh meng-edit bersama-sama dengan editornya.

Waktunya juga terbilang cepat, jika pagi kita order, siang atau sore bisa kita ambil, waktu itu saya order jam 9.00, jam 2.00 siang saya ambil. Yang membuat saya puas adalah perlakuan terhadap banner saya yang sangat baik, yaitu setiap pesanan mempunyai tempat sendiri, jadi ketika memberikan nota, CSnya tidak kebingungan mencari, banner saya juga di bungkus dengan rapi. Tiang penyangganya jauh berbeda dengan kepunyaan Petraya, di percetakan cemerlang, tiang penyangganya lebih kuat dan ukurannya lebih tinggi. jdi ketika saya sandingkan dengan banner dari petraya sangat jauh berbeda.

Yah itulah pengalaman saya ketika mencetak banner, untuk minggu-minggu berikutnya saya tidak akan memesan lagi di percetakan petraya. Padahal kalo di itung2 tiap bulan saya menghabiskan budget 500 rb - 1,5 jt untuk keperluan promo. jadi kalo setahun sekitar 10 - 15 jt.

Untuk temen-temen, selektif dulu sebelum membeli ya, Untuk Petraya hendaknya segera berbenah, agar costumer tidak datang trus pergi, gak datang lagi, rugi besar lho.. hehehe sekedar saran sih  :)

22 komentar:

servitek mengatakan...

waduuuh....hehe..mampir sob...

eo kids party mengatakan...

nice post :)

eo kids party mengatakan...

nice post :)

obyektif-magazine mengatakan...

Saya bisa memahami kekecewaan Anda. Hal seperti itu juga seringkali menimpa diri saya. Buru-buru mau mencetakkan, hasil dan pelayanannya malah tidak profesional. Jadinya kecewa deh. Semoga banyak perusahaan percetakan yang membaca blog Anda ini...

Salam kompak:
Obyektif Cyber Magazine
(obyektif.com)

Kang Supri mengatakan...

Semoga percetakan besar tidak "menganaktirikan" pelanggan kecil seperti saya.

iwanresa mengatakan...

ya, tdk setiap penjual jasa memuaskan servisnya, Mas. Tp mesthi ono sing apik to? Salam kenal sk cah Smg sing ng Ampah, Kalteng

RENTAL HT SEMARANG mengatakan...

petraya ngk punya menyinnya,.. hehehe,. ane mantan marketing petraya,.. ngk jelas untuk bagi hasilnya,. bertahan sampai 1 blan,..
http://asagrafika.123website.co.id/244160254

Admin mengatakan...

WkWkwk. Mantap.

sewamobiljogja mengatakan...

selamat siang infonya menarik salam kenal dan
sukses selalu sobat :)
Paket Wisata 75Rb-150RB. Include Mobil+Sopir+BBM+Hotel Full SERVICE Call/WA 081215541554 / Pin:230C5DC1 kami tunggu lho

Unknown mengatakan...

sy juga lg nyari percetakan bwt nyetak undangan sy. tp stlh sy baca post ini, sy jadi pikir2 lg nih biar ga slh pilih.
trimakasih atas infonya.. :-)

Unknown mengatakan...

sy juga lg nyari percetakan bwt nyetak undangan sy. tp stlh sy baca post ini, sy jadi pikir2 lg nih biar ga slh pilih.
trimakasih atas infonya.. :-)

Unknown mengatakan...

sy juga lg nyari percetakan bwt nyetak undangan sy. tp stlh sy baca post ini, sy jadi pikir2 lg nih biar ga slh pilih.
trimakasih atas infonya.. :-)

percetakan semarang mengatakan...

percetakan semarang

nhanhoeng.blogspot.com mengatakan...

Mudah mudahan jadi pembelajaran buat kita semua, bahwa suatu usaha bukan slogan yg customer inginkan tetapi pelayanan dan hasil yg baik yg berimbang dengan harga itu bisa mencetak pelanggan yg setia.

Saya juga pernah mengalami dg salah satu percetakan di semarang di wilayah sompok, Semarang. Alasan pertama dekat, alasan kedua adalah tampak sangat profesional cara melayani, bbrp designer di depan PC menghadapi bbrp customer dan di depannya cutomer lain menanti gilirannya. Dan yg menarik ada ada tulisan yg kira kira isinya "silakan ambil nomor antrian agar semuanya nyaman, maaf kami sedang melayani nomor antrian. Luar biasa ....

Namun kenyataannya ..... Sudah antri lebih dari setengah jam, tiba-2 orang yg baru datang mengambil nomor antrian dan langsung mengambil posisi duduk disebelah customer yg sedang dilayani customer lain, begitu customer yg dilayani sudah selesai dia langsung pindah posisi dan berbicara ttg design yg diinnginkan. Saya pikir ini hanya kecelakaan ...hehehe ngalah aja toh cuma 1 orang, apalagi 1 orang pemegang nomor antri sebelum saya jg tidak bereaksi ... Biasa biasa saja, tetapi pada akhirnya saya harus mengatakan brengsek, karena tiba-2 wanita pun melakukakn hal yg sama, dg gaya sok akrabnya tanpa melihat samping kiri kanan, melihat salah satu customer berdiri selesai dilayani, dia menyapa designer yg melayani sambil meletakkan kartu antrian dimeja designer duduk dan sengaja sibuk dg obrolannya. Anehnya para designernya dg gaya profesinalnya menyapa dan memperlakukan dg baik customer-2 tdk beretika, lalu buat apa mereka tuliskan slogan slogan itu... Kami yg tertib dibiarkan menunngu tanpa hasil. Akhirnya saya kembalikan ke nomor antrian pada tempatnya dan hanya berbisik ... Nggak cuma lu ajah yg punya usaha beginian, masih banyak usaha yg sama dg tempat yg lbih nyaman. Dan bener juga akhirnya dpt percetakan dg tempat yg nyaman, ada ac, tv langganan dg acara menarik dan gak sampai 1/2 jam sudah dipanggil untuk membicarakan design yg akan dicetak.
Harga ... Sama ... Gak beda ...yg membedakan adalah pelayanan dan fasilitasnya. Jadi usaha bukan karena besar atau kecilnya modal yg dihargai, tetapi pelayanan dan hasil yg dinilai dan fasilitas adalah tambahan yg membuat customer betah buat berlama lama sehingga lebih setia. Salam dan sukses ya mas gambang semarang yang melantunkan suara hati sampai mati.

Zul Kurniawan mengatakan...

Terima kasih informasinya pak..

Zul Kurniawan mengatakan...

Terima kasih informasinya pak..

Zul Kurniawan mengatakan...

Terima kasih informasinya pak..

Unknown mengatakan...

yupz..... sangat berguna

Percetakan Stop Map mengatakan...

Wah.. Kurang profesional, ini merupakan pukulan telak bagi praktisi percetakan, khususnya saya, dan untuk anda yang ingin memesan sebuah percetakan, mbok ya jangan asal pilih, pilihlah percetakan yang baik dan bertanggung jawab, serta membaca tips-tips dalam memilih sebuah percetakan yang baik

percetakan-em.com mengatakan...

Iya terkadang karena karyawan yang tidak ditraining dengan baik dan tidak diberi arahan yang jelas dapat mengakibatkan buruknya pelayanan dan mempengaruhi hasil. Terkadang juga karena sulitnya karyawan untuk diajak bekerja baik, padahal hal itu akan berguna bagi dia dimasa mendatang. Maka perlu adanya extra pengawasan oleh pimpinan/pemilik untuk selalu memantau karyawanya. Kami sebagai salah satu pelaku percetakan di kota Manado turut prihatin terhadap kasus yang dishare di blog ini, dan semoga percetakan yang bersangkutan segera memperbaiki sistem dan karyawanya sehingga tidak menumbulkan citra buruk bagi pengusaha percetakan. Salam dari Percetakan EM di Manado

CV. UNGGUL JAYA mengatakan...

Bener juga...klo saya terjadi br saja,seharusnya jadi hari kamis kemaren..eh mlh ini jumat tgl 26 feb 2016 aku tanyakan langsung ke owner mlh blm naik cetak...alasan karyawan tdk berangkat..jg csnya semrawut masa desain blm jadi sdh minta di bayar dulu..aneh. Yah..ini pengalamanku cetak di mitra grafis daerah sampokong klenteng tepatnya arah kalibanteng

Gubugsampah mengatakan...

Infonya bagus. Mendidik lebih selektif dalam mengorder dan tidak tertipu dengan iklan yang memiliki tampilan bagus. Misal seperti yang disampaikan yakni petraya Semarang.

Mengenai Saya